Minggu, 18 Mei 2008

kalo ngomongin masalah hobi...

Apa yang jadi hobi keluarga gue??? Kalo keluarga lain suka berkebun, nanem pohon duren, pohon kecambah ato bahkan pohon duit, keluarga gue lebih suka kegiatan yang sifatnya gak menguras tenaga ato main tanah gitu soalnya gak ada yang bakat nanem gituan. Nyokap gue aja sempet frustasi gara2 sekalinya bercocok tanam, eh…malah tu pohon cabe layu sebelum berkembang. Baru juga ngarep2 dan berimajinasi panen cabe, tiba2 adek2 gue udah teriak2 kalo tu pohon tumbang sampe akar2nya. Setelah diselidiki dengan kemampuan analisis gue yang gak jelas, akhirnya kesalahan dilimpahkan ke nyokap gue. Ya iyalahhh…secara nanem pohon cabe kok di pot gedhe banget, gak matching gitu loh…hal itu kan bisa memicu beban pikiran buat si pohon, bisa2 dia ngebatin (kata dasar batin ditambah awalan nge-…huehehehe…asal ya),“aduhh…berarti majikan gue berharap gue bakalan gede trus berbuah banyak nih…kan gue cabe berjenis kelamin laki2….di bonsai lagi, mana mungkin terjadi….ya ampyuuuunnn, daripada ntar gue diomelin melulu sama majikan mending gue bunuh diri aja ah…”. Ya…begitulah…nyokap langsung nyerah dan maksa tetangga gue (yang saat itu lagi apes) buat nanam pohon belimbing di depan rumah gue (dan ternyata sukses sodara2..tu pohon blimbing udah kayak anugerah tiada tara buat rumah gue…secara dari dulu belom ada taneman yang sukses tumbuh deket2 keluarga gue yang punya sifat perusak). Kesimpulannya, keluarga gue tipe2 keluarga yang hobi banget jalan2, belanja (terutama adek2 gue yang dua biji itu, kalo udah belanja suka gak inget tempat. Di pasar bringharjo yang ramenya ngujubile gitu, adek2 gue masih nekat mau shopping gila2an. Dan yang jadi korban adalah gue sama bokap, secara kita ber2 lah yang bertugas bawa tu belanjaan. Huhuhuhu…), dan satu lagi hobi kita….MAKAN. ya… MAKAN sodara2. kemanapun kita pergi, pasti ada warung yang dihinggapi….udah serasa laler ajah. Tapi walo hobi sama, selera berbeda2 kayak bhineka tunggal ika. Nyokap gue emang agak alergi ama makanan aneh (yang disebut aneh sama nyokap adalah sebangsa sawi yang diubek2 trus dicampur ma saos warna kuning en disebut salad itu). Waktu dulu pernah nyokap jalan ma gue en adek2, kita pernah sekali mampir ke restoran fastfood gitu di mall semarang, begitu mesen nama makanannya nyentrik bener. Susah deh diapalinnya. Tapi berhubung adek gue maksa buat pesen tu makanan, nyokap akhirnya nyerah. Jadilah tragedi beruntun membayangi gue, nyokap, dan dua kecebong bloon yang mungkin lagi nyamar jadi adek2 gue. Adzab pertama menimpa gue yang tiba2 kebelet boker pas baru selese makan. Padahal dikala itu, menu gue paling keren dibanding adek2 (secara adek gue salah pesen jadi yang disuguhin Cuma sayur mayur ala mang cecep, tukang sayur langganan nyokap. Sedangkan nyokap gue kebagian fried chicken ajah. Gue?? Secara gue paling mujur, jadi gue dapet menu ala kolonel yakiniku nya KFC plus salad ijo yang baru diliat aja udah bikin mual).tapi kesalahan bukan pada makanan gue sodara2…waktu gue lagi asyik makan, tiba2 adek bontot gue yang apes dapet paket paling menyedihkan (karena Cuma berisi sayur mayur dioseng ala acak2an), langsung mengungsikan separo bagiannya ke piring gue. Secara gue anaknya pasrah dan takut dosa kalo buang makanan (alahhhh…bilang aja rakus), akhirnya dengan tangkas gue lalap juga itu menu. Dan jreng…jengg…jeeeenggg…10 menit berikutnya gue baru menyesal setengah idup karena amat sangat kebelet boker sekali. Dan gak Cuma gue yang merasakan azab tersebut, adek bontot gue (ABG) juga kena musibah yang sama. Alhasil…acara belanja dan ngeceng2 dibatalkan sodara2…huhuhuhu…padahal gue sempet naksir gantungan hape gambar iguana yang imut2 (iguana kok dibilang imut?? Jangan2 ntar kodok dibilang ganteng). Huhuhuhu…
Lanjut, kalo adek pertama gue itu gak demen sama sayur mayur entah mau kayak gimana mukanya. Walopun udah digiling jadi mie, ato dijuz kayak jus asem2 (isinya asem, melinjo, kobis ama daun mlinjo). Ya iyalahhh…tapi kalo ngomong daging2an ama adek gue yang atu itu, loe bakal begadang sampe pagi (udah kayak ngomongin bola). Yah…adek pertama gue itu emang cenderung karnivora, itu loh sejenis hewan berkaki banyak….ehhhh…maksudnya yang suka banget sama daging2an.
Kalo adek bontot gue lebih sering makan rerumputan campur beling daripada daging2an. Udah serasa kuda lumping tu anak. Sebenernya nyokap pengennya si ABG bisa jadi pemakan segala (kayak gue gitu loh), tapi kok dijejelin daging doi muntah2 mulu (gak keren baget ya…tiada berbakat jadi orang gedongan). Huhuhuhu….mungkin ini akibat waktu bayi doi sempet dilarung di sungai buat ganti sajen, trus dipungut ama badak dan disusuin sama dia (ini jelas piktip gitu loh). Jadilah adek gue mirip sama badak jawa dalam hal selera makan…suka makan yang ijo2 euy…(mungkin kalo kolor gue ijo, bakal diembat juga). Selera bokap beda lagi. Kalo sakit ato lagi ngambek, cukup beliin es krim cap kaki tiga (emang ada????), eh…maksudnya es krim satu pack gedhe yang dalemnya ada coklat nya gitu loh…bokap emang punya kebiasaan aneh gitu baru2 ini. Ya….udah gak beda sama anak TK yang lagi ngambek kebelet boker di tengah mall, trus ibunya ngerayu2 sambil nyodorin es dong2. ckikikikiki…ampir sama deh.
Kalo gue??? Ohhh…secara gue itu anak nya suka mengada2, jadi yang gue konsumsi itu sebangsa serangga dan hama. Ya gak lahhh…emang gue cewe apakah gitu loh! Maksudnya gue kan apa adanya, jadi kalo nyokap lagi gak mood buat masak, gue makan deh tu piring ama kaleng kerupuk…kan udah berasa kerupuknya. Huhuhu…tapi emang nyokap tu rada pilih2 kalo ngasi makan gue sama adek2. Kalo adek bontot gue (ABG) lagi ngidam apaaaaaaaa gitu, pasti langsung *Cringgg* ada dan available siap santap di meja belajar (loh??? Maksudnya dirumah gue gak ada meja makan, jadi semua makanan ditaroh di meja belajar. Bukan makan sambil belajar loh…). Sedangkan kalo gue yang minta2 dimasakin sesuatu (bahasa gaulnya request gitu), pasti langsung *Cringgg* ditolak…Iya sodara2…DITOLAK dengan berbagai alasan. Misalnya aja gue pengen dimasakin ayam goyeng, pasti nyokap akan langsung berkata, “Kalo gitu kamu tangkep aja ayam yang lagi bengong di depan…kalo udah ketangkep baru kamu cabut tu bulunya terus kamu bumbuin baru deh mama goreng”. Yeee..itu mah sama aja gue yang masak, nyokap Cuma bantu nyemplungin ke wajan aje. Huhuhu…kalo adek gue yang deket2 kompor, pasti langsyung dilarang2 gini, “jangan deket2 kompor, dek. Ntar kena minyak loh…biar mba aja yang gorengin”. Gue lagi deh yang jadi kambing cemani (sodara nya ayam cemani yang di one tek item). Emang dasar nasib gue jadi anak yang pertama melihat dunia, jadi agak dicuekin en dianggep udah mandiri (mandi sendiri), walopun sebenernya gue rada ngiri juga sama adek2 gue.
Setiap malem minggu dikala para cewe yang dah punya gandengan pada nungguin pacarnya buat ngapel dan para sesama jomblo pada ngeceng nyari2 kumbang yang mendekat (dikata gak sakit disengat gitu), gue en adek2 gue ikut nyokap bokap menyerbu warung kambing…eh…sate kambing gitu. Sampe penjualnya aja apal bener sama keluarga gue, dan mungkin mereka curiga, “ini keluarga…nyokapnya gak pernah masak kali yeee….”. emang tuh, nyokap jarang banget memasak sesuatu, sampe perabot masaknya aja pada karatan nunggu disentuh peradaban manusia (ya enggak segitunya lah…). Tapi biar gitu, sekalinya masak…doi langsung masak besar dan abis2an. Ya kawan2..bener2 abis2an. Kayak orang yang mau pesta khitanan aja (tuh…adek bontot gue aja yang dikhitan…). Tapi masakan nyokap gue lezat wal yummy loh…ngalahin masakannya rudi choirudin ato chef bara patirajawane. Cuma emang sayang…nyokap baru hobi masak kalo doi lagi mood aje, dan itu pun jarang banget terjadi. Andaikan keajaiban dunia gak Cuma ada tujuh doang, pasti peristiwa masak memasak nyokap bakal jadi urutan yang kedelapan deh. Bersaing ketat sama manusia upil terbanyak. Huehehehe…
Begitulah cerita tentang keluarga gue yang agak nggak biasa dan gak normal. Ya…semoga gak bermanpaat. Huehehehehe…

Tidak ada komentar: