Jumat, 16 Mei 2008

14 mei 2008

Dulu gue pernah benciiiiii banget sekolah (maklum, otak gue aja rasanya dah mentok. Apalagi kan gue masuk kelas bahasa gitu…pelajaran sehari2 gue bahasa inggris…terus bahasa inggris lagi, terus bahasa….INGGRIS LAGI??!!!.. ya ampyuuuuunnn, sampe kembung gue ngemil kamus inggris). Muka gue waktu itu mungkin bakal ke-bule2-an (maksudnya lebih mirip bule ethiopia yang nyangsang di indonesia raya buat ikutan audisi mamamia idol). Yahhhh…nasib si, daripada gue masuk IPA (yang jelas2 nilai gue doremi gak nyampe fasola…kasian ya. Emang gue payah banget ngitung2an. Mungkin gara2 pas nyokap ngidam, doi sempet nelen sempoa n’ gue keselek lalu menyebabkan korslet otak parah dan akibatnya kayak gue ini, lowbat-an banget. Musti sering di-charge *lohhh???*). Nah, gue baru cinta sekolah waktu gue liburan abis ujian SMA. Telat banget ya…??? Udah lulus baru cinta skulah. Ya, mending telat daripada gak sama sekali kan (kata mutiara gue: lebih baik terlambat sekolah daripada gak boker sama sekali…ya iyalahhh). Gue langsyung meneteskan ber-ember2 aer mata waktu perpisahan sma. Yah…keinget aja gimana gue bakal jadi pengangguran nantinya. Huakakakaka…tapi ternyata sodara2, gue ujug2 tanpa ada angin tanpa ada ujan, jemuran pun pada kering, nyokap gue masih hobi kentut sembarangan, adik2 gue masih ingusan…tiba2….(dhueeeerrrr…), gue kesamber geledek. Ya gak lahhh…gue tiba2 dapet info kalo gue diterima PMDK jadi mahasiswa unsoed jurusan bahasa inggris. Huhuhuhu…nyokap gue langsung bikin sukuran abiz itu, seolah2 doi seneng banget walo sempet ragu2,” apakah anak gue yang lebih mirip sama pawang ujan dan bertingkah laku seperti orang gila itu bisa lolos universitas???”. Buktinyaaaa….
Jadilah gue terdampar di skulahnya pak dirman, dengan hanya berbekal ingus dan otak yang ala pentium1, gue akhirnya bisa menyeburkan diri gue ke perguruan tinggi nya pak dirman itu. Sebenernya gue sempet ga rela….muka gue yang masih bebiface ini sempet dikira orang bapendik sebagai anak SD nyasar. Huhuhuhu…lagi waktu ospek, gue doank yang dijadiin sasaran amukan massa (baca: senior padepokan bahasa inggris), disuruh lompat sana…kayang sini, lari dingkring, push up jongkok, sit up sambil sikap lilin, nah loh, gue udah kayak dilatih kayak binatang sirkus aje. Tapi berhubung gue adalah tipe anak yang pasrah, baik hati dan rajin membantu (apalagi bantu ngehabisin makanan ato duit), gue anggep aja semua itu sebagai kentut lalu (kembaran si angin lalu). Yahhh…sambil berpikir, “jangan2 takdir gue sebenernya adalah sebagai ganti singa laut yang biasa dipasangin ma ikan hiu di gelanggang samudra…tragisss beneeeerrr…”. Tapi penyiksaan yang gue hadapi waktu tespek…ehhh…ospek, masih blom parah kalo dibandingin ma adzab yang menimpa temen gue, Bolang. Bolang waktu baru masuk jadi mahasiwa ingusan, doi masih begitu lugu dengan sendal jepit sakti, rambut kribo ala peng-GIRING kambing, baju kayak gembel mau ke disko, dan muka yang lebih ambigu dari muka gue waktu kebelet boker. Summmpaaahhh….nah, berhubung gue yang pertama kali menemukan dan memasyarakatkan Bolang ke seantero kecebong mahasiswa (maksudnya bakal mahasiswa gitu lohhh), maka gue lah yang bertanggung jawab memerdekakan bolang dari perbudakan (lohhh???).
Hari pertama ospek
Si Bolang ujug2 sms gue dengan indahnya pada jam 04.00 (tepat 2 jam sebelom ospek dimulai…kondisi gue: masih belekan, berslempang sarung sambil ngelap iler, ngeraba2 meja dimana hape gue getar dengan laknatnya, trus mereject tu hape dengan perasaan tiada bersalah).
Jam 04.15…Bolang kembali miskol, dan gue udah mule ngigau gak jelas karena mimpi indah dengan Nicholas Saputra ilang sudah dengan kehadiran Bolang.
Jam 04.20…si bolang yang mungkin belom insap juga, akhirnya menelepon gue dan dengan penuh semangat gue jawab, “SABLENGGGGGGG!!!!”.
Jam 04.22…Bolang kembali sms seperti ini:
“Nis, kuping gue budeg tauk! Heh, elo dimana?? Gue udah di depan kampus ni, tapi kok pintu gerbangnya masih ditutup ya???”.
04.25…gue masih ngeliat jam sambil ngeyakinin diri tu jam gak eror. Wedewww…ngapain pagi2 buta begini bolang udah nungging depan kampus??? Mau ngebantuin nyabutin rumput??? Wah, geblek tuh anak. Mungkin dia terbiasa dateng tengah malem waktu SMA kali ya?? Ah…tapi kenapa gue gak nyontoh si bolang aja yang rajin gitu, siapa tau gue bakal dapet nobel gara2 berangkat gasik. Yuuuukkk…dan akhirnya dengan bego nya, gue ikut2an berangkat ke kampus dan nemuin Cuma kita berdua yang baru dateng…nungguin yang punya kunci gembok gerbang dateng…dan diliatin para senior dengan pandangan nista (mungkin mereka mengira kalo kami adalah dua teroris yang lagi nyamar menjadi kecebong bloon yang akan meledakkan kampus bahasa dan menawan para perjaka….benar2 kejam).
Ospek hari kedua
Gue sengaja gak ikutan ospek hari ini. Gile aja…gue lagi kena serbu virus mematikan (pilek ganas), idung gue udah kayak idung spongebob yang direbus (emang dia punya idung??), trus cairan kental setengah encer berwarna ijo kombinasi putih ivory (alahhhh) mengalir dari dalemnya…membentuk anak sungai dan menyebabkan erosi di sepanjang jalan, trus mengeras jadi kristal2 cantik kayak berlian setelah rada lama. Emang umbel (baca: ingus is umbel, umbel is not umbul) gue tambang galian apa??? Nah, karena gue tetep gak mau melewatkan momen bersejarah di kampus gue itu, jadi gue menitipkan pengawasan kelompok gue yang hiperaktif, ke Jendral (waktu itu belom jadi soulmate gue, yaaa….baru tahap saling colek lah). Sebenernya gue rada menyesal si…abis kan hari ini ada photo session. Ntar kalo penggemar gue pada protes gara2 muka gue gak nongol di sana gimanaaa??? Kan gue jadi gak bisa memperlihatkan ke-absurd-an wajah gue ini….akhirnya bolang dengan berbesar hati menawarkan, “ Nis, gimana kalo loe digantiin ma galon akua aja waktu poto…kan mirip lohhh..tinggal kasih clana ma beha aja”. Huhuhuhu…dasar kamprett.
Abis ospek hari tu selese, si Jendral langsung kasih laporan ke gue via telpon.
Jendral: “heh, gimana umbel loe?? Masih menganak sungai??”.
Gue: (dengan setengah frustasi) iya nih…*crooootttt*….malah makin parah aje..*crooottt*…kalo gue kumpulin, udah 5 ember kali…*croooottttt*..”.
Jendral: “ya…ya…ya…kumpulin aja, siapa tau bisa dimanpaatin jadi bioenergi, ngegantiin bensin buat bahan bakar”.
Gue: “ya…ya…ya…*crooottt*, gue kumpulin buat elo”.
Jendral: “hwehhh…loe mau tau gak ada kejadian aneh hari ini”.
Gue: “apaan???”.
Jendral: “bolang diuber2 cewe…”.
Gue: (takjub…dunia seakan berhenti…hening…) “APAAAAA?????”.
Jendral: “iya…beneran tauk”.
Ternyata sodara2, judul cerita yang dibilang Jendral tidaklah semanis jalan ceritanya. Si Bolang (kita sebut saja Orang Gila Baru Bebas Bermuka Mesum atau disingkat OGB3M) lagi duduk teler di bawah pohon rumput (ya olooohhh…ada kali pohon rumput), nah doi yang otaknya lebih kecil dari otak bayi semut mulai menyadari kalo ada yang salah pada dirinya (mungkin kata hatinya mengatakan, “ssstttt…bol, resleting loe belom dikancing tuh), tapi karena saking telernya…dia mengabaikan kata hatinya itu (kesalahan besarrrr). Nah, waktu kena hukum senior…doi dengan semangat 45’ dan gagah berani mengajukan diri buat jadi instruktur senam. Berlatar belakang lagu soundtrack doraemon, doi mulai bergerak kesana kemari dengan lincah. Udah kayak lutung dikasi duren. Doi juga sempat memperagakan bakatnya bermain sirkus (dengan kayang mengelilingi lapangan), debuz (nyembur api), en ebeg (ngemil piring ma gelas). Yah…begitulah dia beraksi dan menghibur para penggemarnya, sampe tiba2…
Bolang: *mulai kecapean dan mendekati teras kampus yang berisi cewe2 senior*
Salah satu cewe senior (SSCS): *mulai merasa ada yang aneh pada bolang*
Cewe senior lain (CSL) : *berbisik2 sambil ngeliatin bolang*
Semua cewe senior (SCS) : *menjerit dengan kompak* Waaaaaaaaaaaaaa…….
Bolang : *bingung dan menunjukkan muka bego yang lebih keliatan seperti muka mesum dukun bayi*
SCS: *berteriak lagi* Waaaaaaaaaaa…..waaaaaaaa….
Bolang: *ikut teriak* waaaaa……
SCS : *saling berbisik*
Bolang: *mulai curiga dan mendapat firasat buruk*
SCS: *dengan kompak memburu bolang seperti memburu hewan ternak, mungkin mereka menganggap bolang sederajat dengan kambing bandot* “POOOORRRRNNNOOOO…..!!!!”.
Bolang: *lari terkencing2 sambil berpikir apakah ada yang aneh pada dirinya*.
Huakakakakakaka…dan tragedi ini berlangsung sampe ampir pulang. Jendral, yang lumayan kasian ama si Bolang, akhirnya menunjukkan apa yang salah dengan dirinya (alahhhh). Nah loh, abiz itu Bolang dikenal sebagai “Si Pesenam Mesum (sipesum)”, oleh para seniornya. Tragisss....ya, begitulah pengalaman ospek gue dan kawan2.
Nb. Adek bontot gue (ABG) baru aja dikabarin kalo doi keterima PMDK poltekkes kebidanan. Ya…emang si masuk tu skulah rada susyah, tapi gue jadi bertanya2…”jangan2 para dosen akan menyesal telah memasukkan salah satu anggota keluarga error ini ke dalem kampusnya”. Si ABG lagi bersuka cita tuh. Nyokap gue yang lagi di Smarang juga langsung gegap gempita hura2 menari sini-sana potong bebek angsa abiz denger berita ini. Ya…secara nyokap kan emang sempet ribet juga ngurus adek gue *yang rada gak jelas juntrungannya karena gak punya cita2*. Gile…udah kelas 3 sma aja, cita2 masih tanya ama nyokap gue gini, “Mah, aku si pengen jadi apa ya???”. Nah loh, coba dia tanya ama gue, pasti udah gue jawab, “adikku…sebaiknya loe jadi gelandangan aja…bisa hidup bebas semau loe, mau ngapa2in gak bakal ada yang protes” (ya iyalahhh…Cuma musuhan aja ma Tekap). Tapi sayang, dia mungkin udah mencium gelagat2 gak baik dari gue, makanya jawaban gue itu gue simpen aja dalem perut (bisa2 nyokap gue langsung nendang gue sampe afrika kalo doi tau gue ngasih saran edan gitu). Huhuhuhuhu…nyokap gue emang keliatan kawatir banget ma ABG, soalnya dari 3 anaknya yang gak jelas itu, Cuma ABG aja yang masih netek (hehhh??? Ga dinx), maksudnya doi gak punya arah dan tujuan hidup gitu. Nah, makanya kalo nyokap gue pergi kemana2, pasti gue lah yang diwanti2 buat ngejagain si ABG a.k.a jadi BEBISITTER nya. Huhuhuhu…udah kayak pembokat aja gue, mule dari bikin sarapan, nyuci, masak nasi, nyuci piring, nyapu…huhuhuhu…kembalikan aku pada masa mudakuuuuu….nah loh, tapi gue cukup pasrah aja. Siapa tau ini adalah cobaan Tuhan biar dosa2 gue berkurang. Ckakakakak…(walopun mungkin dosa gue makin bertambah aja, gak imbang ama pahalanya). Sedang adek pertama gue???? Dia masih betah2 aja di kos2an sambil mengasah bakatnya menjadi pengganti cicak buat ngabisin nyamuk2 genit yang suka nongol waktu malem. Ya begitulah…mungkin dia ga pengen dijadiin pembokat kedua di rumah (gue as the first). Nasibbbbb….

Tidak ada komentar: