Jumat, 16 Mei 2008

17 mei 2008

Beberapa hari ini gue udah serasa TKW di negri arabia sana deh. Ato bisa juga disamain ma jaman romusha waktu jepun masih menjajah bumi pertiwi dan takeshi kaneshiro sama hideaki takizawa yang pada cakep2 itu blom pada lahir (ya iyalahhhh…). Kerjaan gue sehari2 yaitu bangun tidur (sekarang gue gak bisa melaksanakan hobi suci gue yaitu bobo sampe subuh trus dilanjutkan bobo lagi sampe zuhur, dikarenakan akhir2 ini tetangga gue hobi banget nyetel lagu tembang kenangan pagi2 buta. Menurut penyelidikan gue, hal itu disebabkan ayam piaraannya lagi pada mogok berkokok karena jatah makan mereka dikurangi jadi sekali doank dalem sehari. Sang tetangga si bilangnya, “ini gara2 minyak naik jadinya sembako naik. Kalo sembako naik, gue juga makannya dikit, nah…karena gue makan dikit, ayam piaraan gue juga musti senasib sepenanggungan dong…kurangi jatah makan. Yahhh…itung2 program diet deh” (bener2 ribet deh…). Sungguh malang nasib para ayam tersebut, mungkin seminggu lagi mereka bakal niat bunuh diri (ala harakiri dengan pedang samurai gitu lohh…) dan menjual daging mereka sendiri buat dituker sama pakan ayam. Nah lohhh…udah mati trus yg makan pakan ayam sapa??? Gue??? Hiiiiyyyy…), yakkk… bangun tidur gue bener2 jam setengah 5 tepat. Ya kawan2…TEPAT. Kalo temen2 gue dimasa itu masih pada ngedekem dikamar, ato masih ngimpi jorok (kayak temen gue, si Bolang misalnya…tiada hari tanpa mimpi jorok. Yaaa…mimpi pipis ato eek misalnya. Itu kan jorok yah, apalagi pipisnya sambil ngupil, kan jadi jorok kuadrat). Gue malah udah olahraga tradisional (nyuci boooo….) sambil dengerin adek bontot gue ngerapal mantra baru (doi lagi ujian si, kalo lagi belajar gitu hobinya ngebaca buku keras2 sambil nyetel musik dengan volume ngalahin geledek. Udah kayak karaoke lagu yovie n the nuno dengan teks dalam bahasa biologi…jadi gini…uwoooo…dia untukku…dia dikotil…dia milikku…dia si sperma…uwoooo…). Belom selese nyuci, nyokap gue telpon dari semarang (yang gue curiga baru ngucek2 mata dan langsyung keinget anak2 tercintanya di kampung halaman). Beginilah dialognya:
Nyokap: “halooo…haloooo…mba..”.
Gue: (dengan napas yang dibikin berdengus2 biar dikira abis kerja rodi) “iya mahhhh…”.
Nyokap: “baik2 aja kan di rumah???”.
Gue: “ohhh…jelas donk. Ini lagi nyuci…”(idung gue udah kembang kempis aja nunggu nyokap ngelontarin pujian, ehhhh…anakku rajin sekaliiiii…wahhhh, kasssiiiiiaaaannn yaaaaa….nanti mama kirimin pembokat deh lewat pos yaaaa).
Nyokap: (dengan nada biasa dan datarnya kayak tipi keluaran terkini) “Ohhh…adekmu mana mba?? Udah mandi belom?? Udah dibikinin sarapan belom??? Terus udah disetrikain belom seragamnya?? Lagi ngapain dia, mba???”.
Gue: (awan hitam membayangi, suasana redup dan hati yang suram gara2 gak diperhatiin, muka belipet2 kayak sarung blom disetrika) “hhhhmmmm…mending mama langsung telpon dia aja deh”.
Huhuhuhu…nyokap gue emang ribet banget kalo udah masalah adek bontot gue itu. Sampe kadang2 adek pertama gue bilang gini, “kayaknya adek perlu diculik buat beberapa taun deh gak dikembaliin juga ga pa2, biar mama gak ribet2 lagi…” (adek pertama gue emang suka sadis gitu, tiap hari aja pake bajunya ganti2 trus matching…heh??? Gak nyambung gitu loh). Yap sodara2…bahkan bokap gue pun kadang2 suka kheki juga kalo nyokap mulai parno gara2 adek gue. Misalnya waktu bokap lagi gak bisa pulang kampung, terus nyuruh nyokap buat nyusul ke semarang. Nyokap gue, yang emang hobinya travelling itu (maksudnya suka jalan2 muter2 kompleks buat nyari2 mang sayur), jelas mau donk. Tapi tiba2….jreeengggg…sorenya adek gue pulang sambil pantatnya benjut gara2 ampir nabrak motor. Si adek sempet jatoh nyungsep ke aspal, sedangkan sang korban malah selamat sehat tidak kurang suatu apa. Nyokap mendadak parno…, sampe2 berkali2 nanyain ke adek “dek, mau diperiksain pa?? ntar kalo ada apa2 gimana???”. Yaelahhh…padahal tu pantat Cuma merah2 doang kayak abis dicubit gorila. Dan acara berangkat ke semarang guna memenuhi undangan bokap pun akhirnya batal sodara2 (bokap langsung ngedumel sambil besoknya sms gue gini, “mba, gimana adek?? Emang parah apa?? Cuma lecet doang kan?? Kok mama gak jadi kesini ya… coba kamu yang bilang mama, biar kamu aja yang suruh jagain adek”). Huhuhu….gue lagi yang kena tugas buat jadi pengasuh bayi kodok satu itu.
Emang si gue maklum juga kenapa adek gue sampe dijagain kayak hewan langka gitu ma nyokap. Selaen karena anak bontot, doi juga tergantung bener sama nyokap en 2 kakak2 nya yang manis2 ini (terutama gue gitu lohhh…kalo adek gue yang pertama??? Ohhh…dia cukup dibilang “eh, kamu mirip sama jempolnya titi kamal deh”…gitu aja dia juga udah girangnya gak ketulungan). Adek gue udah gak punya cita2, susah disuruh mandi, sukanya main nyuruh….hhhhhh…persis kayak bayi semut yang diasuh badak deh. Padahal udah kelas 3 SMA, tapi lebih mirip sama anak TK baru lulus2an (malah tetangga gue yang status nya masih sebagai murid TK lebih mandiri daripada adek gue, secara tu murid TK udah bisa nyuci kolor sendiri abis ngompol semalem). Pernah gue sempet kheki juga waktu ditinggal nyokap, trus gue disuruh jagain adek (dalam kenyataannya tak lain tak bukan adalah jadi BIBIK EMBAN). Ngapa2in pasti adek teriak, “mbaaaaaaaa…..handukku si dimana….mbaaaaaa…bikin es teh siiiii…mbaaaaaa…..”. gue yang bernasib malang ini Cuma bisa memendam niat busuk dalem hati, “sekali lagi manggil gue, bakal gue masukin karung terus gue kiloin bareng sama kertas bekas loh…kan lumayan duit hasilnya bisa buat beli es brazil”. Tapi niat busuk tinggal niat…gue gak berani melaksanakan rencana gue itu. Udah keburu diprotes nyokap. Huhuhuhu…dadah es brazil…
Adek pertama gue adalah adek yang item nano2 (manis asem asin…ramai rasanya…). Doi Cuma pulang kampung 2 hari dalem seminggu. Itupun bakalan ngeluh ke gue, “mbaaaa…si adek kok dibikinin nasi goreng. Gue kok enggak??? Gue bikinin mie goreng pake telor si…”. Huhuhu…bertambah lagi bayi asuhan gue.
Sempet malem2 gue mikir, mungkin gini ya yang dirasain nyokap kalo ngurusin anak (bayangin aja, selisih umur gue sama adek2 kan Cuma 2 taonan doank). Berarti waktu masih ingusan dulu, nyokap ribet banget yah. Gue yang baru masuk TK dan lagi bandel2 nya suka malakin permen sama temen sekelas sambil ngepang ijuk sapu jadi 18 (kurang kerjaan banget yahhh…dari kecil aja gue udah aneh gitu, gak heran bakat gak jelas gue makin berkembang sampe skarang), adek pertama gue baru lulus belajar jalan (itu pun masih kayak banteng mabok buyutan suka nyusruk kemana2), trus adek bontot gue masih bayi. Huwaaaaa….betapa capeknyaaaa….
Tapi kalo gue ngebayangin hidup gue tanpa adek2 gue itu, pasti rasanya aneh banget deh. Gue sering banget malakin adek2 gue waktu masih bayi2 (maksudnya malakin selimut waktu bobo n ngejajah kasur sampe adek2 gue akhirnya nyerah dan tidur bareng nyokap bokap). sering juga gue boongin tu adek2 ingusan buat ngasih jajan ke gue. Sampe sekarang pun masih suka gue kerjain aja tu dua kecebong aneh. Misalnya gini:
Gue: (sambil belagak kayak kapiten megang pedang prokkk…prokkk…prokkk…ngasih komando sama adek2 gue) “adek2…ehhhmmm…kalian mau pada sarapan enggak???”.
Adek pertama gue (APG) : “ya iyalahhhh…eh, mba…gue bikinin ayam goreng ya”.
Adek bontot gue (ABG) : “gue pesen mie goreng juga…”.
Gue: (udah serasa restoran cap kaki tiga ajah, sambil nyimpen niat busuk dibalik tawaran sarapan gue) “ok…..ok…bakal di bikini…eh, dibikinin. Tapi ada syaratnya”.
APG: “apaan tuh, mba??”.
ABG: (dengan muka ambigu ala kecebong mau beranak) “iya, apaan mba??”.
Gue: “rahma…kamu nyuci baju diatas. Dikit kok cuciannya…terus, adek…kamu beresin halaman, disapu yaaa…”.
APG & ABG: (dengan muka percaya pada strategi busuk gue) “ok mbaaaa…”.
Beberapa menit kemudian….
APG: (berteriak dengan histeris sambil menyesali keputusannya) “mbaaaaaaaaaa….katanya dikiiiittttt….kok sampe ber-ember2 gituuuuuu!!!!”.
Gue: (dengan nahan ketawa ala nyi pelet) “iyaaaaa…kan dikit lohhh, kalo masih kurang tu ada cucian tetangga udah pada ngantri. Sapa tau besok2 loe mau buka laundry…jadi sekarang itung2 latihan dulu”.
APG: (dengan pasrah dan mungkin langsung kena kram otak dadakan) “huuuuuuhhh…tau gitu gue ogah deh walopun dibikinin ayam goreng kremes sekalipun”.
Gue: “eitsssss….pembagian tugas yang udah di ACC, gak boleh dibatalkan. Kalo dibatalin, kena denda…”.
APG: “dendanya apaan??”.
Gue: “traktir gue makan steak…huahahahahaha…”.
APG: “sial…”.
ABG: “mbaaaaaaaa…..halamannya kok bisa kotor gini. Semalem emang abis ada tsunami ya??”.
Gue: “ahhh…nggak kok…Cuma kemaren gue sempet buang sampah pada beterbangan. Jadi sekarang rada berantakan gitu”.
ABG: “aaahhhhh….caaapeeeee”.
Gue: “terimalah nasib kalian wahai adek2 ku…anggep aja ini sebagai latihan kalian. Sapa tau setelah kerja gitu, kalian jadi bisa ngerasain gimana capenya waktu moyang kita dijajah sama moyangnya Takuya Kimura. Kan itung2 menambah rasa nasionalisme lohh…”.
APG & ABG: “gak beres banget sih loe, mba…BILANG AJA LOE MAU JADIIN KITA CALON TKW!!”.
Gue: “yahhh…maunya juga gitu, tapi itu juga kalo kalian gak disetop sama pihak imigrasi karena dikirain sapi ekspor yang lepas”.
APG & ABG: “mbaaaaaaaaaaaa!!!!!!”.
Huahahahahaha….ya walo rada kelewatan tapi kan gue tetep bikinin sarapan buat para kecebong2 aneh itu. Dulu seinget gue, waktu SMP gue pernah ngebayangin gimana kalo gue ngajak adek2 ke taman mini trus gue tinggalin disana waktu lagi maenan bianglala (maksudnya biar kalo gue lari, mereka gak bisa ngejar karena nggantung diatas bianglala) lalu nyokap tiba2 tanya, “mba…kalo adek2 mu ilang gimana coba??”. Dan akan dengan mudah gue jawab, “ya ntar juga balik sendiri, ma…sendal jepit ku juga sempet ilang di mushola eh tiba2 udah balik sendiri. Padahal kan sendal ku gak punya kaki, adek2 kan punya…pasti bakal cepet baliknya”. (FYI sendal gue balik setelah melanglang buana sekitar 2 bulan). Dalem bayangan gue, nyokap berkata, “Ohhh…gitu ya, mba…ya udah deh kita tungguin aja sapa tau ada orang iseng nganterin pulang…kau begitu bijak, anakku”. Huehehehe…tapi itu Cuma imajinasi gue semata. Mungkin kalo di kehidupan nyata, gue udah kena setrap disuruh nulis “Aku tidak akan menukar adek dengan jagung bakar lagi” sebanyak 500 kali dengan hurup latin (FYI gue dari dulu paling ga jago disuruh nulis pake huruf latin. Pake hurup biasa aja tulisan gue udah serupa ama coretan kaki burung dara, apalagi kalo gue nulis pake hurup latin…mungkin bakal mirip sama anak kodok yang baru belajar nulis). Huhuhuhu….
Kesimpulannya adalah: kalo loe punya adek2 kayak dua kecebong di rumah gue, silahkan manpaatkan keluguan mereka dengan sebaik2nya. Jangan pernah kasih mereka CEREBROPOT atau SCOTT EMULSION, karena loe bakal nyesel nantinya karena pertumbuhan adek2 loe bakal lebih JRENGGG…daripada loe. Sumpah…gue buktinya. Tau gitu, tu multivitamin udah gue ganti pake minyak goreng campur obat cacing. Biar gue gak jadi paling cebol diantara adek2 gue. Huhuhuhu….tapi nasi udah kadung basi…bubur udah jadi beol…waktu gak bisa diulang lagi. Dalam hati gue yang paling dalam menjerit “Ohhhh Tuhaaaaannn….kenapa Kau gak juga mempertemukan gue dengan bule tinggi kayak orlando bloom…kan lumayan buat memperbaiki keturunan…”.

Tidak ada komentar: